GWK Bali Belitong

Telp./WA. 0816 8696 86

GWK Bali
Code:AK-7

Sejarah Garuda Wisnu Kencana Patung Garuda Wisnu Kencana dibangun tahun 1997 dengan modal yang berasal dari BUMN, Bali Tourism Development Corporation (BTDC), dan Bali I Nyoman Nuarta yang merupakan pembuat patung tersebut. Garuda Wisnu Kencana merupakan wujud dari Dewa Wisnu yang adalah Dewa Pemelihara (Sthiti) dalam agama Hindu sedang mengendarai seekor burung Garuda. Bentuk ini berasal dari kisah Garuda dan Kerajaannya yaitu Dewa Wisnu yang melindungi burung Garuda karena telah berbakti dan berkorban untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

Nama Garuda Wisnu Kencana berasal dari nama tokoh yang ada yaitu Garuda dan Wisnu, sedangkan kencana berarti emas karena tahta tempat patung burung Garuda dan Dewa Wisnu berdiri dilapisi emas.

Walaupun sempat terhenti pembangunannya karena krisis moneter pada tahun 1998, Nyoman sebagai tokoh yang membuat Garuda Wisnu Kencana menargetkan patung akan berdiri sempurna pada akhir tahun 2017. Selain sempat terhenti, pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana sempat menuai kontroversi dari pemuka agama Hindu di Bali.

Mereka menganggap ukuran patung yang besar akan mengganggu keseimbangan spiritual Pulau Bali dan melihat bahwa patung itu tidak patut dijadikan sebagai tempat wisata. Namun, sebagian mendukung karena patung Garuda Wisnu Kencana mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Bali. Akhirnya diputuskan pembangunan tetap dijalankan sampai saat ini.

garuda-wisnu-kencana-bali-1

Baca juga: Kagum! Ini Dia 5 Keistimewaan Mandalika Lombok yang dipromosikan Presiden Jokowi

Lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana Patung Garuda Wisnu Kencana terletak di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana seluas 240 hektar. Lokasinya berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan. Kawasan ini dipilih karena merupakan kawasan yang tandus sehingga meminimalisir kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi selama pembangunan megaproyek tersebut.

Selain hal tersebut, lokasi patung Garuda Wisnu Kencana berada di wilayah pariwisata utama Pulau Bali, yaitu Bali Selatan. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai, maka Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15-20 menit. Sebaiknya datang lebih awal karena area parkir kendaraan sering penuh akibat ramainya wisatawan.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana beroperasi pukul 08.00-22.00. Harga tiket Garuda Wisnu Kencana (sejak 06 Januari 2017) adalah Rp 70.000/dewasa, Rp 70.000/mahasiswa. Rp 50.000/murid sekolah, Rp 50.000/anak dengan tinggi badan diatas 100cm, dan gratis bagi anak dengan tinggi badan dibawah 100cm.

Obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana Megaproyek patung Garuda Wisnu Kencana memiliki desain yang unik. Bahan patung Garuda Wisnu Kencana menggunakan campuran tembaga dan baja seberat 3.000 ton. Bayangkan betapa besar patung yang terbangun dari bahan tersebut.

Namun sejak awal, pematung sudah melihat bahwa ketika pembangunannya selesai, maka patung Garuda Wisnu Kencana akan menjadi patung terbesar di dunia mengalahkan patung Liberty. Patung ini juga diproyeksikan memiliki jarak pandang mencapai 20 km sehingga masih dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot. Baca juga: Pesona Pulau Penyu Bali; Keindahan wisata yang hampir punah

Proses Pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana patung-garuda-wisnu-kencana

Proses pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana dilakukan oleh I Nyoman Nuarta di tempat kerjanya yang berada di kota Bandung. Desain patung terdiri dari 24 segmen dengan total modul sebanyak 754. Bahan patung yang digunakan adalah logam tembaga dan kuningan, kemudian kedua logam ini dilapis dengan zat asam patina.

Modul yang telah selesai langsung dikirim ke Bali dimana proses ini masih berlangsung sampai sekarang. Tercatat hingga tahun 2015 lalu, Nyoman baru menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 23 meter dari total 120 meter.

sejarah-wisnu-kencana- Awalnya patung hanya dibangun setinggi 75 meter saja, namun supaya kesan mewah dan berkelas sehingga mampu bersaing dengan milik negara lainnya, dibangunlah gedung sebagai pondasi dari patung setinggi 45 meter. Pondasi patung direncanakan akan digunakan sebagai ballroom sehingga tidak terbangun sia-sia. Hal-hal detail seperti inilah yang menjadi keistimewaan Garuda Wisnu Kencana sehingga menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pulau Bali.

Kedepannya, patung Garuda Wisnu Kencana akan digunakan sebagai patung penyambutan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali karena akan terlihat sangat jelas dan mengagumkan dari pesawat ketika memasuki Pulau Bali.

Fasilitas di Patung Garuda Wisnu Kencana Letaknya yang berada di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, membuat Anda bisa menikmati wisata lain yang berada di sekitar lokasi patung. Terdapat museum pembangunan patung yang dapat Anda kunjungi untuk melihat proses pembuatan patung yang sudah memakan waktu lebih dari 20 tahun. Anda juga bisa menikmati pertunjukkan Tari Kecak yang diadakan setiap hari pada pukul 18.30.-19.15 WITA. Anda tidak dikenakan biaya sama sekali untuk menonton pertunjukkan ini alias gratis. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana juga menawarkan fasilitas berupa venue yang bisa digunakan untuk acara-acara publik baik skala besar maupun skala kecil seperti Wisnu Plaza, Lotus Pond, Kura-Kura Plaza, Street Theatre, Indraloka Garden, dsb.

Oleh karena itu, beberapa pertunjukkan-pertunjukkan besar menggunakan GWK sebagai lokasi mereka, seperti; konser Iron Maiden, konser Paramore, sampai acara Miss World 2013. Salah satu acara yang baru-baru ini digelar adalah Soundrenaline 2016.

Jadi bisa dibayangkan betapa megahnya acara-acara tersebut ketika pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana sudah selesai 100%. Tak salah ya, jika Bali jadi tempat favorit para wisatawan, karena Bali menawarkan beragam objek wisata yang sangat lengkap.

sumber :https://blog.airpaz.com

Harga Tour(*):
Rp. 540.000,-



Komentar


Bank Pembayaran

Bank BCA No. Rek : 594 0347 779
an. Merlina Surjana
Bank Mandiri No. Rek : 118000 7396 4266
an. PT. Rushmore

Customer Service

DESTINASI

Bestseller

Twitter Feed